Pangdam IX/Udayana ALUTSISTA TNI Milik Rakyat


DETEKSIPOST.COM – Suasana di lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung, pada hari Jumat (19/5) sedikit berbeda dari hari-hari biasanya yang banyak dikunjungi oleh warga masyarakat Kota Denpasar dan sekitarnya, baik untuk kepentingan olahraga ataupun untuk sekedar berrekreasi melepas lelah sambil menikmati pemandangan alun alun pusat Kota Denpasar.
 
Kali ini Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung dipenuhi dengan peralatan militer yang dikenal dengan Alat Utama Sistem Persenjataan (ALUTSISTA) dan sejumlah Stand Pameran dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-60 Kodam IX/Udayana. Secara resmi Pameran ALUTSISTA ini dibuka oleh Irdam IX/Udayana, Kolonel Czi Lalu Rudi Irham Sri Gede mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P, M.Sc.
 
Pada kesempatan tersebut Irdam IX/Udayana membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana, menyampaikan bahwa Pameran ALUTSISTA ini dilaksanakan dalam rangka peringat HUT ke-60 Kodam IX/Udayana dengan tujuan untuk memperkenalkan ALUTSISTA yang digunakan saat ini oleh TNI khususnya di jajaran Kodam IX/Udayana kepada masyarakat umum, karena pada hakekatnya ALUTSITA yang digunakan oleh TNI adalah milik rakyat.
 
Semua peralatan yang ada dibeli dari uang rakyat, untuk itu maka tidak ada salahnya jika semua peralatan (ALUTSISTA) yang ada di satuan jajaran Kodam IX/Udayana diperkenalkan kepada masyarakat, sehingga masyarakat akan tahu dan tumbuh rasa bangga, merasa semakin dekat dengan TNI serta akan memperkuat rasa saling mencintai anatara TNI dengan masyarakat dan masyarakat dengan TNI, demikian ujar Pangdam dalam sambutannya.
 
Upacara ini diikuti oleh sejumlah pasukan yang terdiri dari kelompok Perwira Menengah, Kelompok Perwira Pertama, kelompok Bintara/Tamtama dan kelompok Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodam IX/Udayana, upacara diawali dengan pernyataan pembukaan pameran oleh Inspektur upacara dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita serta  pelepasan balon.
 
Sesuai rencana Pameran ALUTSISTA ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 19 sampai dengan tanggal 21 Mei 20017, melibatkan seluruh satuan yang ada di wilayah Garnizun Denpasar dengan menampilkan 15 stand terdiri dari, stan Pameran Pomdam IX/Udayana, Yonif Raider 900/SBW, Kesdam IX/Udayana, Kikavserdam IX/Udayana dan Bekangdam IX/Udayana diatur di bagian timur lapangan, kemudian stand pameran Jasdam IX/Udayana, Ajendam IX/Udayana, Kodim 1611/Badung, Korem 163/Wira Satya dan Paldam IX/Udayana berada di sebelah barat lapangan.
 
Selanjutnya di sebelah utara lapangan adalah stand pameran  Hubdam IX/Udayana, Yonif Mekanis 741/GN, Gabungan Topdam IX/Udayana, Kumdad IX/Udayana dan Pendam IX/Udayana, sedangkan untuk di selatan lapangan adalah tenda Posko Pameran kemudian untuk semua kendaraan tempur seperti PJD, Panser   dan yang lainnya diatur diluar lapangan di pinggir ruas jalan Udayana.
 
Untuk itu kepada masyarakat dipersilahkan memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenal lebih dalam ALUTSISTA yang digunakan oleh TNI. Kemudian kepada para petugas penjaga stand diminta agar dapat memberikan informasi yang jelas tentang  peralatan yang dipajang di stand masing-masing kepada masyarakat yang bertanya.
 
Upacara selesai dilanjutkan dengan peninjauan ke masing-masing Stand Pameran oleh Irup diikuti oleh para undangan, turut hadir para pejabat Kodam IX/Udayana, antara lain para Asisten, Para Perwira Ahli dan para Komandan/Kepala Balak Kodam IX/Udayana. Pendam IX/Udayana.(Team Media DeteksiPost.com).






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *