Hari Ulang Tahun Yang Ke-58, Kabupaten Tolitoli


IMG_20181212_075142659

DETEKSIPOST.COM – KABUPATEN – TOLITOLI, Hari Ulang Tahun Daerah Kabupaten Tolitoli ke 58, diperingati dalam suatu upacara yang berlangsung khidmat pada hari selasa pagi (11/12) di Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan Tolitoli yang ditandai dengan penghormatan seluruh peserta upacara pada lambang Daerah Kabupaten Tolitoli.
 
Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH selaku Inspektur Upacara, sedangkan yang bertindak selaku Perwira Upacara Zulkifli, S.STP dan Komandan Upacara Hendra Yudistira, S.IP, Kepala Seksi Kerjasama pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tolitoli.
 
Upacara dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Andi Ahmad Syarif, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pejabat yang mewakili Bupati Sigi, Sekretaris Daerah Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, para pejabat Pemda Tolitoli, pimpinan Instansi vertikal, pimpinan BUMN dan BUMD, para perwira TNI dan Polri, pengurus organisasi perempuan, serta sejumlah tokoh adat yang rata-rata menggunakan pakaian adat Tolitoli.
 
Mengawali upacara ini, dibacakan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Tolitoi oleh Ketua Dewan Adat Tolitoli Drs. Hi. Ibrahim Saudah, Ph.D yang didahului dengan menyanyikan bersama lagu Patriot Baolan oleh seluruh peserta upacara.
 
Saat memberikan amanatnya, Bupati Tolitoli H. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH mengajak warga Tolitoli untuk bersama-sama membangun daerah ini, sehingga dapat sejajar dan bahkan lebih maju dari daerah lainnya dalam upaya mencapai kesejahteraan bersama.
 
Menurut Bupati, Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli saat ini terus berjuang untuk mewujudkan tatanan politik yang lebih inklusif, lebih demokratis dan lebih berkeadaban. “Tatanan politik yang ingin kita bangun adalah tatanan politik yang mendukung jalannya program pembangunan daerah.
 
Sehingga, tanpa meninggalkan budaya warisan para leluhur menuju Kabupaten Tolitoli yang lebih maju dan religius sebagaimana tema yang diusung pada peringatan hari ulang tahun Daerah kali ini yakni lestarikan budaya menuju tolitoli yang lebih maju dan religius”, kata Bupati.
 
Sementara, di bagian lain sambutannya, Bupati mengatakan, bahwa daerah ini adalah rumah besar kita bersama, rumah tempat kita lahir, tumbuh, besar dan berbakti. Karena itu, Bupati mengajak seluruh komponen bangsa untuk memberikan sumbangan pemikiran yang positif dan konstruktif serta kerja nyata yang tepat dan produktif agar rumah besar tempat kita bernaung ini tetap kukuh, teduh, aman, tentram dan sejahtera.
 
Diingatkan oleh Bupati bahwa menjadi tugas kita bersama untuk lebih memantapkan landasan operasional pembangunan di daerah ini, terutama dalam mengatasi ketertinggalan, keterbelakangan dan kemiskinan yang masih dirasakan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Tolitoli, baik di perkotaan, di perdesaan maupun masyarakat yang berada di kepulauan.
 
Lanjut, di pesisir pantai dan di pedalaman serta di pegunungan dengan karakteristik permasalahan yang berbeda-beda.
Usai pelakanaan upacara,
 
Kemudian dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan menghadapi musibah gempa bumi yang dilaksanakan oleh Badan Search and Rescue Nasional (BASARNAS) Palu bekerjasama dengan jajaran TNI dan Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tolitoli.
 
Selain itu, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan serta Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tolitoli.(Tim Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli).