Kodim Bangli Gelar Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA. 2018


IMG_20181212_164453730

DETEKSIPOST.COM – BANGLI – BALI, Kodim 1626/Bangli mengelar Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA. 2018, Selasa dan Rabu, 11-12 Desember 2018.
 
Kegiatan yang digelar di Aula Makodim 1626/Bangli mengusung tema “Profesionalisme Danramil Dan Babinsa Untuk Rakyat”, dihadiri oleh Kasdim 1626/Bangli, Para Danramil, Para Perwira Staf dan Para Babinsa Kodim 1626/Bangli.
 
Pemberi Materi terdiri dari Polres Bangli, Dinas P3, BPBD Bangli, PMD, KPU dan Disdukcapil Kabupaten Bangli.
 
Dalam sambutannya Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto M.Sc., yang dibacakan Kasdim 1626/Bangli Mayor Inf Nouvi Effendi menyampaikan, kegiatan apel ini merupakan sarana pimpinan dalam menjalankan fungsi komando dan pengendalian terhadap satuan jajaran Kodim 1626/Bangli, sekaligus bertujuan untuk menindaklanjuti kebijakan pimpinan atas serta sebagai tindak lanjut dari Apel Danrem/Dandim Terpusat TA. 2018 yang telah dilaksanakan di Pussenif Kodiklatad pada Bulan November 2018 lalu.
 
Apel yang kita laksanakan ini, bertujuan untuk meningkatkan wawasan serta penyamaan visi, persepsi dan interprestasi dalam menyikapi permasalahan aktual yang terjadi di wilayah Kodim 1626/Bangli, sehingga diperoleh kesamaan sikap dan tindakan di lapangan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodim 1626/Bangli
 
Beberapa masalah aktual seperti kriminalitas yang semakin meningkat dengan modus yang semakin kompleks, kesenjangan sosial, bentrok antar kampung, ketidakpastian penegakan hukum dan masalah pengangguran masih menyelimuti di beberapa wilayah.
 
Selain masalah tersebut, masalah lain yang muncul yaitu berbagai musibah dan bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dan angin puting beliung yang semua permasalahan-permasalahan tersebut, dapat saja terjadi diwilayah Bangli, karena wilayah Bangli memiliki kondisi wilayah yang rentan terhadap timbulnya bencana alam, serta ditambah lagi permasalahan politik menjelang Pemilu 2019.
 
Oleh karenanya, penyamaan visi, persepsi dan interpretasi para peserta apel dalam menyikapi permasalahan aktual yang terjadi di wilayah dengan pemerintah daerah menjadi sangat penting, sehingga diharapkan setiap Apkowil memiliki kesamaan sikap dan tindakan dalam merespon serta mengkritisi berbagai permasalahan di lapangan, dengan mengupayakan solusi sesuai tataran kewenangannya masing-masing.
 
Solusi-solusi dalam mengatasi permasalahan di lapangan harus terus diupayakan serta dilakukan secara komprehensif dan integral dengan melibatkan segenap komponen masyarakat dan instansi terkait yang berbasis kepada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
 
Sementara itu selaku penyelenggara kegiatan Pasiterdim 1626/Bangli Kapten Chb Komang Gita menyampaikan kegiatan Apel Danramil dan Babinsa ini dilaksanakan selama 2 hari. Para peserta menerima materi pembekalan dari pejabat di lingkungan Kodim 1626/Bangli terkait dengan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan pembinaan teritorial serta materi pendukung dari insatansi terkait Pemerintahan Kabupaten Bangli.
 
“Materi-materi pembekalan tersebut pada hakikatnya merupakan informasi yang sangat diperlukan bagi para peserta apel dalam menyukseskan pelaksanaan tugas di wilayahnya masing-masing. Dengan waktu yang sangat terbatas ini, diharapkan para peserta apel dapat menyerap berbagai informasi, petunjuk dan kebijakan yang disampaikan guna mendukung pelaksanaan tugas di lapangan”, ungkap Pasiter.(TIM).