Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah III, Sebanyak 400 Bibit Pohon, Ditanam di Areal Tanah Lot


#.Keterangan Foto; Sebanyak 400 bibit Pohon, ditanam di areal Pura Luhur Pakendungan,Tanah lot Serta peringatan Hari Bakti Kementerian PUPR (Hari Bakti PU), dan Hari Dharma Wanita.
 
 
DETEKSIPOST.COM – TANAH LOT – TABANAN – BALI, Sebanyak 400 bibit pohon ditanam di areal Pura Luhur Pakendungan, Tanah Lot, Tabanan, Senin, 17 Desember 2018.
 
Sementara, Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh setiap tanggal 28 November, diperingati oleh seluruh jajaran Kementerian PU-PR melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah III,
dengan menanam sebanyak 400 bibit pohon.
 
Sehingga, kegiatan ini diselenggarakan oleh seluruh Balai perwakilan Kementerian PUPR yang ada di Bali yang pelaksanaanya dikoordinir oleh BBPJN VIII. ” Ungkap, Kabag Tata Usaha Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (BBPJN VIII), Ir. Yudiarmand Zulkarnain Kasim, M.Eng.Sc.
 
Sekali lagi dikatakan, Yudiarmand Zulkarnain Kasim, penanaman pohon sebabyak 400 bibit pohon tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan “dalam rangka Hari Menanam Pohon Nasional yang dicanangkan pemerintah, serta peringatan Hari Bakti Kementerian PUPR (Hari Bakti PU), dan Hari Dharma Wanita. “jelasnya.
 
_IMG_000000_000000
 
“Selain itu penanaman pohon ini kita laksanakan dalam rangka Hari Menanam Pohon Nasional yang dicanangkan pemerintah, kita selenggarakan berbarengan dengan peringatan Hari Bakti PU dan Hari Dharma Wanita,”ujarnya.
 
Menurut Yudiarman, untuk penanaman hari ini, merupakan tahap pertama yang dilakukan.oleh jajaran, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (BBPJN VIII).
 
“Yudiarman menambahkan, untuk tahap pertama ini, kita tanam sebanyak 400 batang terdiri dari tiga jenis pohon, yaitu Cempaka, Nagasari, dan Gaharu,” terangnya.”ungkapnya.
 
Untuk pemilihan lokasi penanaman 400 pohon tahap pertama ini, kata Yudi, ditentukan berdasarkan hasil diskusi dengan jajaran di daerah. Untuk tahap selanjutnya, lokasi akan ditentukan kembali.
 
Sedangkan, Dwityo Akoro Soeranto, Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, juga mengatakan secara nasional Kementerian PUPR menargetkan dapat menanam sebanyak 100 ribu pohon.
 
“Hal ini menurut Dwityo, dari target yang ditetapkan oleh Kementerian PUPR sebanyak 100 ribu, kita mengharapkan di Bali kita bisa 3000 pohon,” ucapnya.
 
“Kata Dwityo, untuk penanaman pohon yang ditanam kita dipilih berdasarkan hasil konsultasi dengan masyarakat setempat. Dan setelah ditanam, untuk perawatan selanjutnya akan diserahkan kepada masyarakat.
 
“Sementara, untuk pemilihan pohon yang kita tanam sebelumnya kita konsultasikan dengan masyarakat setempat, “jelas. Dwityo.
 
Kemudian “pohon yang kita tanam bersama jajaran Kementerian PUPR ini akan diserahkan kepada masyarakat Pakendungan,Tanah Lot, untuk pemeliharaan selanjutnya,”ujarnya. (TIM).