Babinsa Bukian Edukasi Siswa Siswi SMPN 1 Payangan Wawasan Kebangsaan


IMG_20181228_223257356

DETEKSIPOST.COM – GIANYAR – BALI, Program pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh Koramil 1616 -07/Payangan salah satunya secara aktif memberikan edukasi wawasan kebangsaan kepada seluruh komponen masyarakat termasuk kalangan siswa-siswi sekolahan.
 
Pemberian edukasi wawasan kebangsaan sangatlah penting dilaksanakan secara berkesinambungan karena disinyalir saat ini banyak anak bangsa yang kurang paham dengan arti wawasan kebangsaan semisal bela negara dan cenderung melupakannya.
 
Apalagi dihadapkan pada era globalisasi saat ini terutama generasi muda mulai melupakan nilai-nilai yang terkandung dalam empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Pelda I Made Sueka selaku Babinsa di Desa Bukian Payangan dihadapan ratusan Siswa-Siswi SMPN 1 Payangan pada kegiatan pemberian wawasan kebangsaan yang dilaksanakan Senin pagi (28/12) di Aula Sekolah setempat.
 
Pelda I Made Sueka memaparkan tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dari masa sebelum kemerdekaan sampai dengan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya.
 
Dari pihak sekolah, Kepala Sekolah SMPN 1 Payangan Anak Agung Istri Wahyuni, S. Pd., M.Pd,, ketika diminta tanggapannya tentang tujuan dari pembekalan wawasan kebangsaan mengatakan, sangatlah penting bagi kami pihak sekolah untuk membekali siswa-siswi tentang apa itu bela negara dan kenapa kami menghadirkan sosok anggota TNI dalam hal ini karena figur seorang Tentara sudah sangat erat hubungannya dengan disiplin dan rasa cinta tanah air dan patriotisme yang tidak perlu diragukan lagi.
 
“Kami pihak sekolah mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama Koramil Payangan yang sudah membimbing anak-anak kami, semoga anak-anak lebih disiplin dan memiliki jiwa bela negara yang semakin baik”, kata Agung Istri Wahyuni penuh harap.(TIM).