Ribuan Pratisentana Shri Nararya Kreshna, Upacara Melasti ke Pantai Watu Klotok


IMG_20181229_231642621

DETEKSIPOST.COM – KLUNGKUNG – BALI, Klungkung, Sabtu. 29 Desember 2018. Hari ini dilaksanakan prosesi melasti, mapakelem di segara dan upacara memasar serangkaian karya mamungkah, mupuk pedagingan, mapadudusan agung, metawur balik sumpah di Dalem Agung Pura Kawitan Shri Nararya Kresna Kepakisan (PSNKK). Sabtu. 29 Desember 2018.
 
Manggala Karya, I Gusti Agung Ngurah Sudarsana, SH.,MH, menyampaikan tujuan dari upacara ini adalah membersihkan bhuana agung dan bhuana alit terutama para pengempon pura kawitan PSNKK dimanapun mereka berada. Sekaligus memohon tirtha amertha dari tengah laut untuk membersihkan segala kekotoran dan menghindarkan diri dari malapetaka yang bisa terjadi sewaktu waktu dalam kehidupan kita di alam ini.
 
Acara melasti ini diikuti oleh masyarakat PSNKK dari berbagai daerah di Bali, Jawa, Lombok, dan daerah lainnya yang jumlahnya sekitar 10 ribu lebih. Masyarakat berjalan kaki dari Pura Kawitan menuju pantai Watu Klotok yg jaraknya sekitar 3,5 kilometer. Prosesi dimulai dari pukul 08;00 wita sampai dengan 14:30 wita. Dilanjutkan dengan acara memasar di perempatan depan pura kawitan hingga pukul 17:00 wita.
 
Selanjutnya akan digelar upacara Mupuk Pedagingan pada tanggal 2 Januari 2019 dan upacara puncak Tawur Balik Sumpah pada tanggal 5 Januari 2019 yang rencananya akan di hadiri oleh bapak gubernur Bali dan para pejabat pemerintahan dari seluruh Bali, Jawa dan Lombok bersama masyarakat PSNKK dari berbagai daerah. (adn).