Potret Tujuan Wisata Taman Foto Haumeniana, Karya Satgas Pamtas RI-RDTL.


DETEKSIPOST.COM – RI-RDTL – Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., dalam siaran persnya pada Senin (4/3) di Makodam IX/Udayana menyampaikan adanya inovasi dan ide kreatif anggota Pos Haumeniana Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN yang mampu memberi warna berbeda di daerah penugasan dengan membuat taman foto bagi masyarakat perbatasan di Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten TTU.
 
Tepat digaris perbatasan RI-RDTL, Satgas Pamtas RI-RDTL Pos Haumeniana menyulap lahan yang ada di depan Pos menjadi taman foto sehingga sekaligus menjadikan Desa tersebut sebagai daerah tujuan wisata yang cukup menarik bagi warga masyarakat lokal maupun warga Timur Leste yang sedang berkunjung ke Indonesia juga menyempatkan waktunya untuk berswafoto dan berselfi ria di Taman Haumeniana Buah Karya Satgas Pamtas RI-RDTL tersebut.
 
Ide cemerlang ini berawal dari gagasan anggota Pos Haumeniana yang ingin memanfaatkan lahan kosong di depan Pos menjadi taman yang cantik dengan panorama perbukitan yang indah memisahkan langsung antara Indonesia dengan Timur Leste, seperti yang disampaikan oleh Dan Pos Haumeniana, Letda Inf Arafik “Sebenarnya kami hanya ingin membuat taman sederhana yang sekedar menarik masyarakat sekitar agar menjadi tempat bersantai sehingga kami TNI bisa lebih dekat dengan masyarakat, tapi ternyata hal sederhana yang kita lakukan menjadi daya tarik bagi Desa Haumeniana. Kami sangat mensyukuri hal tersebut”, demikian ucap Danpos.
 
Dengan adanya ide cemerlang tersebut Kapendam IX/Udayana menghimbau khususnya kepada Pos-pos Satgas Pamtas RI-RDTL yang lain agar dapat mencontoh dan mengembangkan ide kreatif yang sangat baik ini, tanpa mengesampingkan tugas pokok untuk tetap menjaga keamanan wilayah yang menjadi tanggungjawabnya.
 
Saya yakin, masyarakat perbatasan juga sangat mendambakan fasilitas hiburan seperti ini serta kita selaku Prajurit TNI diharapkan agar senantiasa dapat mendorong masyarakat setempat untuk memanfaatkan taman tersebut sebagai peluang dalam meningkatan ekonomi masyarakat seperti menjual makanan maupun hasil-hasil pertanian dan barang kerajinan lainnya, demikian tambah Kapendam IX/Udayana. (*)