Menteri Hukum dan Ham RI Sebanyak 24 Orang dari 16 Provinsi di Indonesia


IMG_20190314_180206953

DETEKSIPOST.COM – KUTA – BALI, Kegiatan Pelantikan Pergantian Antar Waktu Majelis Pengawas Wilayah Notaris dan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah. bertempat di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali. Kamis 14 Maret 2019.
 
Selain itu sekaligus pembukaan acara FGD “Pengawasan Tingkat Kepatuhan Notaris” oleh Menteri Hukum dan HAM RI sebanyak 24 (dua puluh empat) orang dari 16 (enam belas) Provinsi di Indonesia. “jelasnya.
 
Sementara, terdiri dari berbagai unsur seperti Kepala Kantor Wilayah, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kepala Bagian Umum Kementerian Hukum dan HAM.
 
Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Penasehat Menteri Hukum dan HAM, Anggota Majelis Pengawas Pusat Notaris, Anggota Majelis Kehormatan Notaris Pusat, Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, unsur Notaris, unsur Akademisi, para undangan dan peserta Forum Grup Diskusi.
 
Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia menyampaikan “Notaris sebagai pejabat umum yang diangkat, dalam menjalankan jabatan harus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dengan bertindak jujur, berkompeten, dan berintegritas”. ujarnya.
 
Sekali lagi dikatakan Menteri Hukum dan HAM RI, hal terkait masing-masing kewenangan Majelis Pengawas Notaris dan Majelis Kehormatan Notaris diantaranya “Majelis Pengawas Notaris mempunyai kewenangan dan kewajiban untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap Notaris,
 
Sehingga dengan lingkup pengawasan meliputi perilaku dan pelaksanaan jabatan Notaris, sedangkan Majelis Kehormatan Notaris memiliki kewenangan memberikan persetujuan atau penolakan terhadap kepentingan penyidikan dan proses peradilan, “ucap Menteri Menteri Hukum dan HAM RI,
 
Lanjut, atas pengambilan fotokopi minuta akta dan pemanggilan Notaris untuk hadir dalam pemeriksaan yang berkaitan dengan Akta atau Protokol Notaris yang berada dalam penyimpanan Notaris ,”pungkasnya.
 
Di akhir sambutan Menteri Hukum dan HAM RI membuka secara resmi acara Forum Group Discussion “Pengawasan Tingkat Kepatuhan Notaris”.(TIM).