Teknologi Informasi Makin Hari Menjadi Kunci dari Pembangunan


IMG_20190404_185154509

#; Keterangan foto; Bupati Badung Teknologi Informasi Makin Hari Menjadi Kunci dari Pembangunan .
 
 
DETEKSIOOST.COM – BADUNG – BALI, Teknologi informasi makin hari makin menjadi kunci dari pembangunan suatu negara. Bagaimana tidak? Globalisasi memicu pertukaran informasi dengan cepat dan akurat sehingga bisa diakses secara real time dan terbuka (open source). jumat 5 April 2019.
 
Jika teknologi informasi tidak berkembang atau stagnan, pembangunan pun menjadi terkendala dan tidak bisa bersaing dengan negara lain. Hal inilah yang di tuturkan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, S.sos seusai membuka sosialisasi AKSI Badung di Puspem Badung.
 
Kemajuan tekonologi informasi yang berbasis digital harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mengontrol sumberdaya yang ada di suatu wilayah sehingga bisa di kelola secara efektif sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarkat.
 
“Begitu pula dengan menggunakan teknologi informasi ini, pimpinan daerah secara cepat dapat mengetahui persoalan yang terjadi di masyarakat diantaranya sampah, kemiskinan, kesehatan dan banjir , serta macet.,”ujar Bupati.
 
Setelah mengetahui, maka pimpinan bisa mengerti dan memahami persoalan yang terjadi di masyarakat dan kemudian melakukan tindakan untuk mengatasi persoalan yang terjadi di masyarakat., “ujarnya lagi.
 
Smart City atau AKSI Badung yang disosialisasikan ini adalah konsep menyajikan informasi keadaan suatu kota secara komprehensif dan real time. Informasi tersebut selanjutnya dapat diakses melalui sebuah controlling room.
 
Tujuannya adalah agar Pimpinan Daerah dapat mendapatkan informasi secara langsung, tidak dari “pembisik”, dan dapat mengakses informasi sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat.
 
Usaha untuk terjun langsung ke lapangan bisa diwakilkan dengan sistem sensor yang diaktifkan di berbagai tempat. Dengan sistem informasi seperti ini, diharapkan dapat mendukung pembangunan yang transparan dan berkelanjutan. Transparansi data yang minim manipulasi dapat disokong.
 
Dengan sistem data yang terkelola dengan baik, walikota dan jajarannya pun dapat memiliki data yang lengkap baik tentang kondisi masa lalu dan kini guna untuk memprediksi kondisi di masa depan. Inilah konsep yang mendukung pembangunan berkelanjutan untuk Indonesia yang lebih baik.(Tim/Dvd).