TNI-Polri Bersinergi Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik


IMG_20190407_222435517

#; Keterangan foto, Ribuan Masyarakat, TNI-Polri Bersinergi Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik.
 
 
DETEKSIPOST.COM – BANGLI – BALI, Ribuan masyarakat, TNI-Polri, OPD Provinsi Bali, OPD Pemkab Bangli dan perwakilan siswa se Bangli melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah plastik, Minggu (07/04), di wilayah Kintamani, Bangli
 
Adapun tema kegiatan adalah, “Menjaga Kesucian Alam Bali Beserta Isinya Untuk Mewujudkan Kehidupan Krama Bali Yang Bahagia Dan Sejahtera Sekala Dan Niskala”.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, TNI dan Polri diantaranya Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M., Pangdam IX di wakili Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, Bupati Bangli I Made Gianyar.
 
Lanjut Kasrem 163/Wira Satya Letkol Kav Jacob Janes Patty, Dandim 1626/ Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto, Kapolres Bangli AKBP Agus Tri Waluyo dan sejumlah undangan lain dari unsur TNI, Polri, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh masyarakat Kintamani sendiri.
 
Dalam sambutannya Gubernur Bali Dr. Ir I Wayan Koster, M.M., mengatakan bahwa gerakan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti Peraturan Gubernur Nomor 97 Tahun 2018 tentang pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai.
 
Tujuan dari gerakan ini adalah untuk membuat Bali bersih dari sampah plastik dan sampah lainnya.
 
“Pihaknya merasa sangat senang karena kegiatan ini mendapat respon positif dan mendapatkan dukungan dari seluruh OPD, TNI, Polri dan komponen masyarakat Bali”, ujar Gubernur.
 
Gubernur juga menghimbau agar seluruh komponen masyarakat mengurangi pemakaian sampah yang terbuat dari plastik untuk mengurangi perusakan dan pencemaran lingkungan serta diadakan pengelolaan mulai dari rumah tangga, lingkungan pedesaan, kecamatan, kabupaten dan tingkat provinsi.
 
Lebih lanjut Gubernur menyampaikan kegiatan ini sebagai bagian dari visi membangun Bali untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bali.
 
Ke depannya kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan setiap bulan serentak di seluruh Bali yang melibatakan TNI-Polri dan masyarakat sehingga Bali tetap bersih serta alamnya tetap sehat dan lestari.
 
Sebelum dilaksanakan pembersihan diawali dengan pemencetan tombol oleh Gubernur Bali beserta tamu undangan sebagai pertanda kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik hari ini sudah dilaunching.
 
Selanjutnya peserta melaksanakan kegiatan pembersihan sampah plastik di seputaran Pasar Kintamani, hutan lindung Kintamani dan lapangan Kintamani.
 
Di sela-sela kegiatan Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto M.Sc., menyampaikan sangat mendukung program yang baru saja dicanangkan oleh Gubernur Bali yaitu Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik.
 
Setiap bulan kita di Bangli bersama instansi terkait yaitu Polri, ASN dan tentunya masyarakat Bangli, selalu berupaya membersihkan sampah di pusat-pusat timbunan sampah baik di tempat ibadah, delta sungai, Danau Batur dan di tempat lainnya.
 
“Kita akan terus mengajak masyarakat mendukung dan melaksanakan program tersebut dengan harapan Bangli secara Khusus dan Bali secara umumnya bisa bersih dari sampah plastik”, harap Dandim.
 
Dengan demikian alam kita akan tetap asri dan natural tentunya akan sangat mendukung Bali sebagai destinasi wisata yang mampu mempesona termasuk dalam penanganan kebersihan lingkungannya.(*)