Asal-Usul Anjing Kintamani Bali


IMG_20190414_071008639

#Keterangan foto; Anjing Kintamani; merupakan anjing lokal pegunungan yang hidup disekitar desa Sukawana, Kecamatan Kintamani.
 
 
DETEKSIPOST.COM – KINTAMANI – BALI, Anjing Kintamani, merupakan anjing lokal pegunungan yang hidup disekitar desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.Senin.15 April 2019.
 
Masyarakat Kintamani menyebutnya cicing Gembrong (bulu panjang dan kuping berdiri) dikategorikan sebagai plasma nutfah anjing Indonesia asli Bali. Sangat diyakini sebagai anjing kuno (ancient dog) yang telah hidup ratusan tahun lalu yang berasal dari anjing lokal Bali yang mengalami kehilangan keragaman.
 
Ciri-Ciri Anjing Kitamani Bali, Secara fisik Anjing Kintamani mudah dikenal dibandingkan anjing Lokal yang ada. Anjing Kintamani berpenampilan indah dengan ukuran kecil sampai ukuran sedang.
 
IMG_20190413_163409776 #Keterangan foto;Pengurus dan Angggota IKK foto Bersama di Gedung Gubernur.
 
Warna bulu putih, hitam, coklat atau campuran. Telinga berdiri tegak dan berbentuk segitiga dengan kekhasan pada ujungnya berwarna kemerahan.
 
Ukuran kepala anjing Kintamani sangat proporsional dengan ukuran tubuhnya dengan dahi lebar tanpa kerutan, badan lurus dan kuat bulu ekor tebal dan berbetuk melengkung ke atas.
 
Ukuran tinggi anjing Kintamani jantan berkisar 49-57 cm, betina tinggi 44-52 cm, berat badan jantan 15-18 kg, berat badan betina 13-16 kg.
 
Sedangkan Penampilan dan Kecerdasan Anjing kintamani. Anjing Kintamani berpenampilan menarik dan termasuk anjing yang pintar. Balutan bulu yang menyelaputi tubuhnya menambah indah penampilannya. Anjing Kintamani mudah dilatih. Karena itu.
 
Anjing Kintamani sangat baik untuk anjing ketangkasan. Sifat anjing Kintamani tidak galak serta sangat loyal dengan pemiliknya.
 
Anjing Kintamani mudah dilatih, baik digunakan untuk anjing ketangkasan (agility). Sifatnya yang loyal dengan pemilik serta tidak galak sangat baik digunakan untuk anjing sahabat companion.(TIM).