Perkembangan Anjing Kintamani Bali Indonesia


IMG_20190414_071027078

#Keterangan foto; Sejak tahun 2001 Pemerintah Provinsi Bali Mendorong Percepatan Memasyarakatkan Anjing Kintamani sebagai Anjing Kesayangan.
 
 
DETEKSIPOST.COM – KINTAMANI – BALI, Belum adanya usaha pemurnian anjing Kintamani di masa lalu di menyebabkan keterlambatan dalam mendapatkan ras murni anjing Kintamani.Senin 15 April 2019.
 
Sejak tahun 2001 Pemerintah Provinsi Bali mendorong percepatan memasyarakatkan anjing Kintamani sebagai anjing kesayangan sebagai substitusi anjing ras yang saat itu penggemarnya ada trend meningkat yang berpotensi terjadi pemasukan dari luar Bali. Saat itu masih status bebas rabies. Pengakuan anjing Kintamni sebagai anjing kesayangan pada Tahun 2004
 
Pemerintah Provinsi Bali bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangli sebagai lokasi habitat anjing Kintamani dan Perkin Pusat, saat ini bernama IKK Pusat, menyelenggarakan workshop untuk menyiapkan nama dan standar anjing Kintamani untuk diusulkan memperoleh pengakuan Nasional, Asia dan Internasional.
 
Sejak saat itu persiapan pengajuan ajing Kintamani untuk mendapatkan pengakuan mulai dipersiapkan. Pemerintah Provinsi Bali melakukan fasilitasi kepada para pihak yang terkait perencanaan pengembangan dan mendorong Pemerintah Kabupaten Bangli untuk menerbitkan Peraturan Bupati tentang Penetapan Desa Sukawana sebagai wilayah pelestarian anjing Kintamani.
 
Pada tanggal 12 Maret 2006, organisasi yang bergerak di bidang peranjingan di Indonesia berubah namanya menjadi Indonesia Kennel Klub (IKK) menetapkan anjing Kintamani Bali sebagai anjing ras pertama Indonesia.
 
Tahun 2010, terbentuk Himpunan Trah Anjing Kintamani Bali (HTAKB). Himpunan tersebut didirikan sebagai pengganti Komisi Anjing Bali. segala sesuatu yang berkaitan dengan persyaratan pengajuan ke FCI mulai disiapkan.
 
IMG_20190413_191412830 #Keterangan foto; Gubernur Koster Bersama Penggurus IKK.
 
Tahun 2012, anjing Kintamani Bali telah ditetapkan sebagai anjing ras Asia oleh Asia Kennel Union (AKU). Berarti anjing Kintamani telah ditempatkan sejajar dengan anjing ras lainnya.
 
Kemudian tahun 2014, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, telah menetapkan anjing Kintamani sebagai rumpun ternak karena anjing Kintamani dapat dimanfaatkan jasanya.
 
Pada tahun 2010, untuk pertama kali terbentuk Himpunan Trah Anjing Kintamani Bali (HTAKB). Himpunan tersebut didirikan sebagai pengganti Komisi Anjing Bali. segala sesuatu yang berkaitan dengan persyaratan pengajuan ke FCI mulai disiapkan.
 
Setelah berjalan kurang lebih 7 tahun, sejak didirikan HTAKB telah berhasil merampungkan segela persyaratan pada bulan Juli 2017 secara resmi Anjing Kintamani didaftarkan di FCI untuk mendapatkan pengakuan sebagai ras dunia.
 
Pada tanggal 20 Februari 2019, anjing Kintamani Bali resmi disyahkan sebagai anjing ras dunia oleh FCI (Federation Cynologique Internasionale).
 
Sebagai dampak telah disyahkannya sebagai ras dunia maka kedudukan anjing Kintamani sejajar dengan anjing ras lainnya. Pada giliran berikutnya, hal itu akan dapat meningkatkan gengsi serta nilai ekonomi anjing Kintamani.
 
Anjing Kintamani mudah dilatih, karena itu anjing Kintamani sangat baik digunakan untuk anjing ketangkasan (agility). Sifatnya yang loyal dengan pemilik serta tidak galak maka anjing ini juga sangat baik digunakan untuk anjing sahabat (companion).
 
Sampai saat ini, anjing telah tersebar di seluruh Indonesia dan sampai ke luar negeri. Di Indonesia, penyebaran anjing Kintamani sudah mencapai hampir ke seluruh provinsi.
 
Diluar negeri anjing Kintamani sudah menyebar dan berkebangbiak di berbagai negara seperti Belanda, Belgia, USA, Kroasia, Swiss, Singapore, dan Malaysia.(TIM)