Kodim Klungkung Targetkan Bangun 480 Jamban Bagi Warga Kurang Mampu


IMG_20190417_001356559

#Keterangan foto; Kodim Klungkung Targetkan Bangun 480 Jamban Bagi Warga Kurang Mampu.
 
 
DETEKSIPOST.COM – SEMARAPURA – BALI, Saat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang kurang mampu, Kodim 1610/Klungkung terus menggalakan Program Gema Sang Juara, yaitu suatu program bantuan jamban keluarga bagi masyarakat kurang mampu.
 
Program ini dalam upaya membantu Pemerintah Kabupaten Klungkung untuk meningkatkan taraf hidup warga dalam hal kesehatan dan hieginitas.
 
Demikian dikatakan Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E., M.Tr. (Han) saat dikorfimasi terkait program tersebut, Selasa (16/04) di Makodim setempat.
 
Menurut Dandim melalui Program Gema Sang Juara Kodim 1610/Klungkung menargetkan pengerjaan 480 jamban sehat tersebar di seluruh jajarannya yaitu di 4 Kecamatan, yang terdiri dari 53 Desa dan 6 Kelurahan.
 
Dandim menambahkan kebiasaan masyarakat yang masih buang air besar di sembarang tempat merupakan kebiasaan yang tidak sehat, seperti membuang air besar di sungai serta di area perkebunan, dimana hal tersebut tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan.
 
Lebih lanjut Dandim mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan guna menciptakan lingkungan yang sehat, dengan membiasakan hidup bersih dan sehat.
 
Sementara Danramil 1610-02/Banjarangkan Kapten Inf I Ketut Suwarta yang beberapa warga binaannya juga mendapatkan program ini, mengatakan kegiatan jambanisasi ini terus akan dilanjutkan, karena ini merupakan program dari Kodim 1610/Klungkung.
 
Jamban yang telah diterimakan kepada warga, selanjutnya olrh Para Babinsa dan dibantu oleh warga setempat dibangun secara gotong-royong.
 
“Karena keterbatasan tenaga, maka dari itu pengerjaannya dilaksanakan secara¬† gotong royong bersama warga”, jelas Kapten Suwarta.
 
Seperti halnya yang dilaksanakan pada pembuatan jamban di rumah Ketut Kartana (51) Banjar Negari, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung, Senin (15/04) Babinsa Sertu Gede Adiasa bahu membahu bergotong royong bersama warga mengejakan program jamban tersebut.
 
“Harapan kita program ini bermanfaat bagi warga dan tentunya bisa merubah pola hidup warga menjadi lebih baik dengan derajat kesehatan yang baik pula”, ungkap Sertu Gede.(*)