Polda Bali Siapkan Personel Sebanyak 2147. Orang, Amankan May Day.


#Keterangan foto; Polda Bali Siapkan Personel Sebanyak 2147. Orang, Amankan May Day.
 
 
DETEKSIPOST.COM – DENPASAR – BALI, Polda Bali, Terjunkan Personel Sebanysk 2147. Orang, untuk Amankan May Day, setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional, merupakan hari libur tahunan seluruh pekerja di dunia.
 
“Sedangkan di Indonesia, peringatan Hari Buruh Internasional dari tahun ke tahun selalu diwarnai dengan aksi unjuk rasa. Aksi kaum buruh ini menjadi kalender kamtibmas bagi Polri dengan menetapkan pengamanan siaga 1.”ungkap I Wayan Sunartha.
 
Sehingga, sebanyak 2.147 personel Polda Bali melaksanakan apel kesiapan pengamanan May Day untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana sebelum diterjunkan langsung ke lapangan, Rabu.1 Mei 2019.
 
Selain itu, Apel yang digelar di halaman depan Mapolda Bali ini dipimpin langsung Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha.
 
Wakapolda Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha mengatakan, selain diperingati dengan acara seremonial, perayaan May Day juga dapat dimanfaatkan untuk menyuarakan hak-hak buruh, perbaikan nasib buruh termasuk melakukan kritik terhadap kebijakan pemerintah terutama yang berkaitan dengan hak dan kesejahteraan buruh.
 
Hal ini melalui unjuk rasa dengan sasaran kantor atau instansi pemerintah. Untuk itu, Polri kewajiban untuk mengawal dan melakukan pengamanan agar situasi di lapangan tetap kondusif.”ucap. I Wayan Sunartha.
 
Menurut I Wayan Sunartha, “Oleh karenanya, saya berharap segala sesuatu yang sudah dipersiapkan dapat diaktualisasikan sehingga pengamanan May Day pada tahun ini dapat berjalan optimal, aman dan damai,”ujarnya.
 
Dikatakan I Wayan Sunartha, kepada seluruh personel untuk serius dan tidak underestimate saat melaksanakan pengamanan, mengingat perayaan May Day kali ini bersamaan dengan tahap Pilres dan Pileg Tahun 2019.
 
“Segala potensi kerawanan agar diidentifikasi dan segera dilaporkan kepada pimpinan untuk penanganan dan pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat.”tegas I Wayan Sunartha.
 
Tidak hanya itu, dihadapan ribuan personelnya Wakapolda Bali ingatkan untuk tetap tingkatkan kewaspadaan. Bahwa setiap tahapan memiliki potensi kerawanan tersendiri yang perlu diantisipasi oleh Polri bersama dengan stake holder lainnya.
 
“Pelaksanakan pengamanan agar menerapkan pola kemanusiaan dengan menggunakan pendekatan humanis dan preventif, jangan ada yang makan tulang kawan. “Jelasnya.
 
Sementara, Bila ada tanda-tanda orasi atau kegiatan yang dilakukan oleh buruh menyimpang dari peraturan perundang-undangan agar segera diamankan,” tegas Wakapolda.Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha.(TIM).