Kodim 1609/Buleleng Dipercaya Menjadi Duta Kodam IX/Udayana


IMG-20190514-WA0094

#Keterangan foto; Kodim Buleleng Menjadi Duta Lomba Binter Tingkat Pusat, Mewakili Kodam IX/Udayana
 
 
 
DETEKSIPOST.COM – SINGARAJA – BALI, Kodim 1609/Buleleng dipercaya menjadi duta Kodam IX/Udayana dalam Lomba Pembinaan Teritorial (Lomba Binter) di tingkat pusat.
 
Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial atau Binter untuk tingkat Komando Distrik Militer atau Kodim dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad), mengunjungi Kodim 1609/Buleleng, Selasa (14/05).
 
Kedatangan Tim Penilai ke Bumi Panji Sakti tersebut diketuai oleh Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.I.P,., serta didampingi oleh dua Anggota Perwira Menengah yaitu Letkol Inf Hipni Maulana dan Mayor Inf Endri Misnardi serta Letkol Kav I Nyoman Salindra Pabandya Puanter Staf Teritorial Kodam IX/Udayana, disambut langsung Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan. S.H., M.Tr., (Han).
 
Ketua Tim Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.I.P., mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan lomba tersebut untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan Binter yang dilakukan Satuan Komando Kewilayahan khususnya di Kodim 1609/Buleleng.
 
“Bagaimana implementasi di lapangan terhadap program yang sudah dilaksanakan Kodim. Dari situ akan kita nilai sampai sejauh mana prosentase atau pencapaian yang dilakukannya selama bertugas”, terangnya.
 
Kegiatan seperti ini juga dalam rangka menciptakan suatu ketahanan kepada rakyat. Melalui program-program yang dilaksanakan bekerja sama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau FKPD dan tokoh masyarakat di wilayahnya, sehingga nanti dapat menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat.
 
“Dari situ kita bisa menilai bagaimana jalinan kerja sama dengan FKPD dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di wilayahnya”, ujar Kolonel Dedi.
 
Dirinya juga menyampaikan, ada perbedaan penilaian terhadap pelaksanaan Binter tingkat Kodim dari tahun sebelumnya, dimana tahun lalu menggunakan klasifikasi utama, madya dan pratama. Sedangkan tahun ini penilaiannya terbagi menjadi empat tipe klasifikasi Kodim, yaitu A, B, C dan D.
 
“Untuk klasifikasi Kodim tipe A merupakan Kodim yang wilayah ibu kota negara dan ibu kota provinsi, klasifikasi B meliputi Kodim wilayah kabupaten dan kota, Klasifikasi C meliputi Kodim wilayah perbatasan negara dan pulau terluar, sementara klasifikasi D meliputi Kodim wilayah daerah rawan”, paparnya.
 
Bupati Buleleng, Agus Suradnyana. S.T., bersama Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna.S.H., serta para SKPD, dan tokoh Agama Jero Bawati Hermawan hadir dan memberikan atensi terhadap kegiatan tersebut.
 
Bupati Buleleng menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial TNI AD Tingkat Pusat dan sekaligus memuji Kodim 1609/Buleleng dalam hal mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat dan sangat mengapresiasi upaya pembinaan teritorial yang telah dilakukan selama ini oleh Kodim 1609/Buleleng.
 
Menurutnya Kodim 1609/Buleleng juga telah banyak memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng baik dukungan moril, materiil, maupun dukungan personel.
 
“Tidak saja dalam upaya menciptakan kondisi keamanan bagi masyarakat tetapi juga dalam hal menuntaskan program pembangunan yang dirancang oleh Pemkab Buleleng”, ungkap Bupati Agus.
 
Terpisah Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A. M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., ketika dikonfirmasi terkait satuan jajarannya dalam hal ini Kodim 1609/Buleleng sebagai duta lomba Binter tingkat pusat mewakili Kodam IX/Udayana, sangat berharap satuan ini mampu memperoleh prestasi terbaik.
 
Tentunya akan menjadi suatu kebanggaan sebagai satuan jajaran Korem 163/Wira Satya. Karena kepercayaan itu juga berarti Kodim 1609/Buleleng mampu mengimplementasikan program pembinaan teritorial yang selama ini sudah berjalan baik.(TIM)