Rukun Warga Muslim (RWM) Al-Ikhlas 91 Membagikan Daging Qurban Untuk Kaum Duhafa.


IMG_20190811_154107153

#Keterangan foto; Ketua RWM Al-Ikhlas 91 Haji Suseno. Qurban DIdampingi Wakil Ketua RWM Al-Ikhlas 91 Engkom Komara.
 
 
 
DETEKSIPOST.COM – BADUNG – BALI –
Hari Raya Idul Adha jatuh pada 11 Agustus 2019 yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1440 hijriah. 
 
“Hari Raya Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa Qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.”jelasnya
 
Tujuan: Peringatan peristiwa ketika Nabi Ibrahim A.S. bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba Trending.
 
Semangat qurban yang diusung oleh Rukun Warga Muslim (RWM) Al-Ikhlas 91 adalah menjaga kerukunan antar umat beragama. Karena itu, setiap hari raya Idul Adha dan hari raya keagamaan yang lain, komunitas muslim di Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung itu, selalu merangkul umat beragama lain.
 
_IMG_000000_000000
 
Hal itu dikatakan Ketua RWM Al-Ikhlas 91 Haji Suseno. Qurban dimaknai sebagai toleransi antar umat beragama. Kerukunan menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial di masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, maupun adat.
 
“Kita mengundang semua umat baik muslim, hindu maupun umat dari agama lain. Secara otomatis, kita menjaga kerukunan antar umat beragama,” jelas H. Suseno, Minggu, 11 Agustus 2019.
 
Dalam kegiatan itu, RWM Al-Ikhlas 91 memotong hewan qurban yang terdiri dari 5 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Hewan itu merupakan sumbangan dari warga yang tergabung di RWM Al-Ikhlas 91.
 
Pihaknya membagikan 1.000 kupon daging qurban untuk para warga. Jumlah itu, dikatakan H. Suseno, sama seperti kupon yang dibagikan tahun sebelumnya.
 
“Insya Allah, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi. Sekarang ada 2 ekor sapi yang memang disumbangkan oleh perorangan atau keluarga, yang lainnya patungan dari teman-teman,” tambah Suseno.
 
Sementara, Wakil Ketua RWM Al-Ikhlas 91 Engkom Komara menambahkan, dalam wadah komunitas, pihaknya selalu bersinergi dengan umat beragama lain.
 
“Kami disini selalu merangkul saudara kami dari umat Hindu dalam setiap kegiatan. Kami punya filsafat, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,” terang Komara.
 
Pemotongan hewan qurban itu dipantau oleh tim dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Mereka melakukan pemeriksaan terhadap daging qurban terhadap kemungkinan adanya penyakit.(TIM).