Program Sekolah Kapendam Resmi Tutup PKL Jurnalistik Siswa SMK


IMG_20190813_203302963

#Keterangan foto; Program Sekolah Kapendam Resmi Tutup PKL Jurnalistik Siswa SMK.
 
 
 
DETEKSIPOST.COM – DENPASAR – BALI – Seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 pada alinea ke 4, Pendam IX/Udayana turut serta berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang diwajibkan sesuai kurikulum pendidikan SMK,
 
Sesuia dengan tujuan agar setelah lulus para siswa memiliki kemampuan dan telah siap untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi ataupun langsung bekerja sesuai keahlian pada jurusan pendidikan yang telah ditempuh.
 
Demikian disampaikan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., pada Selasa (13/8/2019) di Aula Pendam IX/Udayana saat acara penutupan PKL siswa SMK dari SMK PGRI 4 Denpasar, SMK Saraswati 2 Denpasar, dan SMK Bali Dewata Denpasar yang telah dilaksanakan sejak Bulan Januari 2019 lalu di Pendam IX/Udayana, Denpasar.
 
Para siswa yang berasal dari tiga SMK Denpasar menempuh pendidikan PKL di Pendam IX/Udayana dengan diberikan pembinaan latihan maupun pengisian beberapa materi pelajaran Multimedia, seperti pengetahuan dan keterampilan cara menyusun dan mengirim Release Berita.
 
Lanjut pembuatan dan penyebaran Leaflet, Pamflet, Booklet, Spanduk, Banner, Umbul-Umbul, Logo, penyusunan Kliping Berita, Editing Video dan Foto, Slide Show Mendesain Majalah serta praktek peran sebagai Fotografer dan Videografer.
 
Lebih lanjut Kapendam mengatakan, bahwa PKL adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program kurikulum pendidikan di sekolah yang berupa teori dengan praktek lapangan untuk mendapatkan pemahaman dan pendalaman materi serta penambahan keterampilan/penguasaan keahlian tertentu yang diperoleh hanya dengan melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja.
 
“Selain itu, PKL juga mengenalkan siswa dengan lingkungan kerja nyata yang merupakan link and match antara kurikulum sekolah dengan Satuan Pendam IX/Udayana yang mengemban tugas sebagai Public Relation.
 
Semua materi yang telah diperoleh agar benar-benar dipahami dan dimengerti serta diambil manfaatnya untuk dijadikan bekal dalam menempuh pendidikan selanjutnya,” harap Kapendam.
 
Perwakilan siswa PKL, Pande Made Krisna, mengaku telah banyak menerima pelajaran yang sangat berarti terutama materi-materi yang belum didapatkan di sekolah serta menyampaikan ucapan terimakasih atas segala bimbingan dan ilmu pengetahuan yang telah diberikan selama mengikuti PKL di Pendam IX/Udayana.
 
“Kami sangat bangga bisa melaksanakan PKL di Instansi Militer khususnya Pendam IX/Udayana, dimana kami dapat didikan disiplin yang tinggi, loyalitas dan kerjasama yang baik,” tambahnya.
 
Acara penutupan PKL yang berasal dari 3 orang siswa SMK PGRI 4 Denpasar, 4 orang siswa dari SMK Saraswati 2 Denpasar, dan 2 orang siswa dari SMK Bali Dewata Denpasar juga dihadiri oleh Para Kasi Pendam IX/Udayana, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Pendam IX/Udayana.(TIM).