Kodam IX/Udayana Gelar Rakornis TMMD Ke-107 TA. 2020. Dihadiri Pemda se-Bali Nusra.


Deteksipost.com – Denpasar – Kegiatan Rakornis bertujuan untuk mengkoordinasikan dan menyamakan serta memadukan visi, misi, persepsi dan arah kebijakan pelaksanaan kegiatan TMMD ke-107 dengan seluruh instansi yang terkait. Adapun hakekat program TMMD adalah wujud pelestarian nilai luhur bangsa Indonesia yaitu gotong-royong dalam pembangunan wilayah.
 
Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dalam sambutannya pada kegiatan Rapat Koordinasi Teknis TMMD ke-107 yang diselenggarakan di Ruang Stana Yudha, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (3/3/2020).
 
Pangdam selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD di wilayah Kodam IX/Udayana mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta Rakornis yang hadir dalam kegiatan Rakornis TMMD ke-107 kali ini.
 
Pangdam menjelaskan, bahwa Pelibatan TNI dalam pembangunan kesejahteraan yang dilakukan pemerintah, pada dasarnya telah sesuai dengan tugas pokok TNI dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk memberdayakan wilayah pertahanan secara dini dan membantu tugas pemerintah di daerah.
 
Dengan mengangkat tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”, TNI AD akan terus berupaya melakukan program pembangunan karakter generasi muda di wilayah sehingga dapat memberikan penguatan serta membangun generasi muda yang kompetitif guna menunjang kemandirian bangsa.
 
IMG_20200303_211845560
 
Usai sambutan, Para tamu undangan dipersilahkan memasuki Ruang Erlangga untuk mengikuti Video Conference guna menerima paparan dari Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., di Mabes TNI AD, Jakarta.
 
Dalam paparannya, Aster Kasad selaku Pati Bidang Perencanaan PJO TMMD mengungkapkan bahwa Program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dengan Kementerian/LPNK dan komponen masyarakat yang dilaksanakan secara gotong royong serta bukan domain dari TNI saja.
 
“Untuk pelaksanaan TMMD ke-107 TA. 2020, dengan sasaran fisik dan non fisik, dilaksanakan secara serentak pada 16 Maret hingga 14 April 2020 di 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia,” tegas Aster Kasad.
 
Mengakhiri rangkaian kegiatan Rakornis TMMD ke-107 TA. 2020, Aster Kasad menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani oleh para Dansatgas TMMD dalam pelaksanaan TMMD ke-107 TA. 2020, antara lain :
 
Pertama, laksanakan tugas mulia TMMD dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab.
 
Kedua, jadikan kegiatan TMMD sebagai sarana untuk mempererat kerja sama yang baik dengan Pemda dan Instansi terkait, sehingga sasaran TMMD yang ditentukan dapat benar-benar membantu masyarakat di daerah.
 
Ketiga, wujudkan Desa sasaran TMMD menjadi desa percontohan yang berwawasan kebangsaan.
 
Keempat, manfaatkan kegiatan TMMD sebagai momen menjalin kemanunggalan TNI-Rakyat, dengan menunjukkan profil prajurit yang patut diteladani, tegas namun tetap ramah, komunikatif dan juga ulet dalam bekerja sehingga rakyat menyambut baik kehadiran. Agar para prajurit dapat tinggal di rumah penduduk, berikan ULP mereka agar dimasak dan dimakan bersama dengan masyarakat.
 
Kelima, laksanakan Koordinasi yang baik dengan semua pihak terkait untuk kelancaran kegiatan TMMD dan laporkan hal-hal menonjol kepada PJO TMMD pada kesempatan pertama.
 
Keenam, perhatikan faktor keamanan selama serpas, pelaksanaan TMMD dan kembalinya satgas TMMD ke satuan masing-masing.
 
Pelaksanaan Rakornis TMMD ke-107 yang dilaksanakan di wilayah Kodam IX/Udayana dihadiri Kasdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana dan Para Dansatgas TMMD ke-107, serta diikuti oleh para Pejabat di lingkungan Pemerintahan Provinsi, Kabupaten/Kota se-Bali Nusra yang wilayahnya menjadi sasaran TMMD ke-107. (Pendam IX/Udy)