Puskop Kartika Udayana, Upayakan Peningkatan Kesejahteraan Prajurit, PNS dan Keluarganya.


IMG_20200311_202046345

Deteksipost.com – Denpasar – Puskop Kartika Udayana merupakan pengemban fungsi organik Kodam IX/Udayana yang berhubungan dengan upaya peningkatan kesejahteraan Prajurit, PNS dan keluarganya.
 
Oleh karena itu, koperasi sebagai suatu badan usaha dituntut senantiasa peka dalam mengembangkan peran dan fungsinya secara berimbang dan dinamis sehingga keberadaannya sebagai salah satu pilar perekonomian di lingkungan Angkatan Darat dapat terwujud dengan baik.
 
Demikian diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, pada kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2019 Pusat Koperasi Kartika Udayana yang diselenggarakan di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar, Rabu (11/3/2020).
 
Mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan, Kemandirian Dan Kinerja Yang Baik, Kita Tingkatkan Peran Koperasi Kartika Dalam Menunjang Kesejahteraan Prajurit Dan PNS TNI AD”,
 
Sehingga Puskop Kartika Udayana melaksanakan kegiatan RAT dalam rangka melaksanakan laporan pertanggungjawaban Pengurus Pusat Koperasi Kartika Udayana, dengan diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana serta jajaran sebagai anggota Koperasi Kartika Udayana.
 
Dikatakan Pangdam, sesuai tata aturan yang berlaku dalam koperasi, pelaksanaan RAT memiliki peran penting dalam menetapkan Rencana Kerja, Rencana Anggaran dan Belanja serta Pengesahan Pertanggungjawaban Pengurus selama setahun.
 
“Peran koperasi sangat strategis, oleh karena itu kegiatan RAT ini jangan hanya dipandang sebagai formalitas untuk memenuhi ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga saja, namun sebaliknya, diharapkan dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengkaji sekaligus mengevaluasi kinerja dan pertanggungjawaban pengurus,” demikian tegas. Mayjen TNI Benny Susianto,
 
Dengan adanya semangat, kepedulian dan kebersamaan seluruh peserta rapat, lanjut Pangdam, kegiatan RAT ini akan memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas kinerja dan sekaligus untuk mengembangkan unit-unit usaha Puskop Kartika Udayana yang lebih kompetitif dalam perkembang selanjutnya.
 
Dalam laporan singkatnya, Ketua Umum Puskop Kartika Udayana Kolonel Arm I Kadek Arya Atmawijaya, S.I.P., M.A.P., menjelaskan tentang pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja tahun 2019.
 
Sementara itu, Kadiskop UKM Provinsi Bali dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus, pengawas dan manajemen Puskop Kartika Udayana, hal ini merupakan salah satu bukti kemampuan pengurus dan pengawas dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya yang harus terus dipertahankan di tahun-tahun mendatang, sebab kehadiran koperasi dikalangan instansi pemerintah terbukti sangat membantu kesejahteraan anggota.
 
Sedangkan Ketum Inkop Kartika Brigjen TNI Rosdianto, S.Sos., M.Tr., juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas keberhasilan dalam pengelolaan dan pembinaan Puskop Kartika Udayana dan jajarannya, semoga keberhasilan yang telah dicapai ini dapat ditingkatkan pada tahun berikutnya.
 
Sebagai acara tambahan dalam pembukaan RAT tersebut, Kasdam IX/Udayana menyerahkan Piagam Penghargaan bagi Primkop terbaik dalam lomba tertib administrasi keuangan. Juara I diraih oleh Primkop Kartika Benteng (Zidam IX/Udayana), juara II Primkop Kartika Hesti Dharma Sejahtera (Kesdam IX/Udayana) dan sebagai juara III Primkop Kartika Likhita (Topdam IX/Udayana).
 
Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian beasiswa kepada anak anggota yang berprestasi, diserahkan secara langsung oleh Ketum Inkop Kartika dan penyerahan bantuan Puskop Kartika Udayana kepada Persit KCK PDIX/Udayana yang diserahkan oleh Ketua Umum Puskop Kartika Udayana.
 
Para Pejabat yang hadir antara lain, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Kapok Sahli dan para Sahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana, dan para Ketua Primkop Kartika Udayana serta sejumlah undangan lainnya.(Pendam IX/Udayana).