Polres Badung Melaksanakan Apel Kesiapan Operasi Zebra Lempuyang 2020


IMG_20201026_133606445

Deteksipost.com – Bali – Polda Bali, Polres Badung. Wakil Kepala Kepolisian Resor Badung Kompol Ni Putu Utariani, SH pimpin Apel Kesiapan Ops Zebra Lempuyang tahun 2020.
 
Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Badung jalan Kebo Iwa No 1, Mengwi, Badung, Bali berjalan tertib dan lancar. Senin, (26/10) pagi 09.00 wita.
 
Tampak hadir dalam kegiatan ini, Kabag Ops Kompol I Wayan Suana, SH, PJU Polres Badung dan Polsek jajaran, para Kasatgas mulai dari Satgas 1,2,3, dan 4 serta 60 personil Polres Badung.
 
Wakapolres Badung  menyebutkan Ops Zebra Lempuyang 2020 dilaksanakan dalam rangka cipkon kamseltibcarlantas serta pendisiplinan Protokol Kesehatan (Prokes) covid -19.
 
Ia juga mengatakan, bahwa Apel Kesiapan Operasi Zebra Lempuyang ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana pendukung dalam kegiatan operasi, sehingga berhasil sesuai tujuan dengan sasaran yang telah ditetapkan.
 
IMG_20201026_133555177
 
“Operasi zebra Lempuyang  yang dilaksanakan tiap tahun, kali ini tidak jauh berbeda meskipun bertepatan hari Maulud Nabi 2020, 1 Rabiul Awal yang lebih memfokuskan tindakan Preemtif dan Preventif sedang untuk penindakan dilakukan hanya 20℅ dari jumlah kegiatan yang dilaksanakan,” beber Wakapolres Utari.
 
“Operasi Zebra Lempuyang ini juga merupakan operasi cipta kondisi dibidang lalu lintas yang mengutamakan fungsi Lalu Lintas dengan fungsi lain sebagai pendukung,” imbuhnya.
 
Kemudian dilanjutkan Kabag Ops Kompol I Wayan Suana, SH menjelaskan tentang cara bertindak yang lebih banyak melakukan dengan cara memberikan himbauan kepada pengendara kendaraan.
 
Tidak hanya itu Kasat Lantas Polres Badung Iptu Achmad Fahmi Adiatma, STK, SIK dengan rinci menjelasakan tentang CB, sasaran Operasi dan TO yang telah di tentukan.
 
“Kita siapkan 2 Pos dalam Ops Zebra Lempuyang ini yakni Pos Pelayanan terpadu di Simpang Polres Badung dan Pos Pengamanan di Pos Peritenget untuk mengantisipasi libur panjang (wisatawan yang berlibur di daerah wisata Petitenget),” Ujarnya.
 
Adapun yang dijadikan sasaran Operasi yaitu pengendara Tanpa Helm atau tidak Helm SNI, di bawah umur, ngelawan arus, jalur kanan dan penegakan disiplin terhadap Protokol Kesehatan.
 
Sedangkan yang menjadi target operasi ini yaitu di daerah rawan pelanggaran yang mengakibatkan Laka Lantas, dan rawan macet seperti di Simpang Polres (rawan macet) dan TL Abianbase, Simpang Lukluk dan Simpang Padang Luih (rawan pelanggaran).
 
Masalah lalu lintas merupakan hal yang sangat kompleks tentu tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, “sinergitas antar pemangku kepentingan adalah solusinya dalam mengwujudkan Kamseltibcar lantas,” Ungkap Fahmi usai apel Kesiapan yang dilanjutkan dengan Anev.(TIM).