Penegakan Pergub Bali No. 46 dan Perbub Badung No. 52 Tahun 2020 di wilayah Koramil 1611-06/Petang.


IMG_20201130_103540582

Deteksipost.com – Badung – Bertempat di depan pasar Desa Adat Carangsari, Kec. Petang, Kabupaten Badung, dilaksanakan apel gabungan sidak dan yustisi pendisiplinan dalam rangka penerapan Pergub Bali No. 46 Tahun 2020 tentang disiplin protokol kesehatan serta penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus 19 (Covid-19) dalam tatanan kehidupan Era Baru yang dipimpin oleh Camat Petang I Wayan Darma, S.Sos., MAP.  Minggu, (29 /11/2020).
 
Kegiatan operasi gabungan sidak dan yustisi tersebut dilaksanakan oleh TNI dalam hal ini Kodim 1611/Badung bersama Polres Badung, Satpol PP Kab. Badung, Dishub Kab. Badung, BPBD Kab. Badung, Dinkes Kab. Badung, Satgas Covid Kec. Petang dan Linmas Carangsari.
 
Dalam kesempatan tersebut, atas seijin Dandim 1611/Badung, Danramil 1611-06/Petang Kapten Inf I Wayan Suara mengatakan
 
Kegiatan operasi gabungan sidak dan yustisi penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 seperti ini akan terus dilakukan di wilayah Kec. Petang agar masyarakat mengetahui dan memahami tentang Pergub Bali No 46. dan Perbub Badung No. 52 Tahun 2020. Ini semua dilakukan demi kebaikan bersama dan masyarakat pada umumnya sehingga rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus dan di basmi secepatnya.
 
Adapun sasaran sidak Penerapan Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan oleh petugas operasi gabungan sidak dan yustisi diantaranya sepanjang Jalan Utama Ds. Carangsari,  tempat-tempat usaha/warung yang berada disekitar Ds. Carangsari, Kec. Petang dan tempat keramaian lainnya yang berada di wilayah Ds. Carangsari, Kec. Petang.
 
Dalam pelaksanaan kegiatan Penerapan Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan tersebut petugas operasi gabungan melaksanakan sidak kepada masyarakat, melaksanakan edukasi dan himbauan kepada masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan dengan cara selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan social distancing (Jaga Jarak) serta menegur masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak mempergunakan masker.
 
Dalam kegiatan operasi gabungan sidak dan yustisi tersebut didapatkan pelanggaran sejumlah 2 warga masyarakat yang tidak menggunakan masker dan 8 orang masyarakat menggunakan masker tidak benar.
 
Dengan pelanggaran tersebut saat itu juga petugas patroli gabungan langsung memberikan tindakan berupa teguran, memberikan masker dan memberikan himbauan serta edukasi untuk selalu memakai masker dan mentaati protokol kesehatan di tengah Covid-19 yang masih berkembang saat ini.(TIM).