Kodam IX/Udayana Persiapkan Yonif 742/SWY untuk Jaga Perbatasan RI-RDTL


IMG_20210105_204530350

Deteksipost.com – Melalui Vidcon, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menerima paparan Danrem 162/Wira Bhakti dalam rangka rencana latihan Pratugas Operasi Pengamanan Perbatasan Darat RI-RDTL Batalyon Infanteri 742/Satya Wira Yudha (SWY) Tahun 2020, pada Selasa (5/1/2021) di Ruang Airlangga Kodam IX/Udayana, Denpasar.
 
Dalam paparannya Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani,
S,Sos.,S.H.,M.han., menyampaikan bahwa Yonif 742/SWY terakhir melaksanakan tugas Operasi Satgas Pamtas Darat RI-RDTL Sektor Barat pada periode 2017-2018, dan latihan ini merupakan sarana untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan prajurit dalam rangka untuk tugas Pamtas RI-RDTL khususnya bagi prajurit yang belum pernah melaksanakan tugas operasi, sehingga nantinya dapat melaksanakan tugas operasi dengan baik dan berhasil.
 
Danrem juga menyampaikan terkait program unggulan dalam latihan pratugas yang disesuaikan dengan kondisi daerah penugasan yaitu meliputi penentuan titik sumber air, peternakan kambing, perkebunan rumah jamur, membuat ukiran kayu dan lukisan pasir serta pembuatan krupuk kulit sapi.
 
Selanjutnya dalam evaluasi paparan Danrem 162//WB, Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa perlu bagi prajurit yang melaksanakan penugasan membuat data bagaimana tanggapan masyarakat sekitar dengan kondisi belum menyatu dengan NKRI, hal ini penting karena sebagai bagian dari NKRI harus merah putih semuanya.
 
Mengenai program unggulan, diharapkan lebih dominan kepada kebutuhan pangan yaitu program-program ekonomi masyarakat agar disuport apa yang kira-kira penting dan sangat diperlukan oleh masyarakat disana. “Kalau kita bisa mengembangkan Daerah NTT dan NTB dengan kegiatan-kegiatan seperti pertanian maupun peternakan, mudah-mudahan tidak ada lagi berita tentang kurang gizi”, jelas Pangdam.
 
Untuk kegiatan-kegiatan militer dasar, agar betul-betul dilatih dan dipersiapkan termasuk kemampuan bela diri dengan memanfaatkan fasilitas dan waktu yang ada. Juga diingatkan betul terutama tentang bahaya Virus Corona (Covid-19) yang penularannya sangat cepat.
 
Yang paling penting adalah diingatkan betul untuk personel yang melaksanakan tugas, bahwa kita bertugas untuk menyelesaikan masalah dan bukan membuat masalah, serta disiapkan mereka untuk dapat membantu masyarakat di daerah penugasan secara lebih detail lagi, tegas Pangdam .
 
Hadir mendampingi Pangdam IX/Udayana diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Asintel Kasdam IX/Udayana, Aspers Kasdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana, Katopdam IX/Udayana, Kakumdam IX/Udayana, Kahubdam IX/Udayana, Kabekangdam IX/Udayana, Kapaldam IX/Udayana. Waasrendam IX/Udayana, Waasops, Waaslog dan Waaster Kasdam IX/Udayana. (Pendam IX/Udy)