Pelantikan Ketum PB PJSI, Pangdam IX/Udayana Optimis Judo Indonesia Bisa Berprestasi di Tingkat Dunia


IMG_20211201_114401016

BOGOR – DETEKSIPOST.COM – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman melantik Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) masa bakti 2021- 2026, di Padepokan Judo Indonesia, Lembah Pinus Ciloto, Puncak, Jawa Barat, pada Selasa (30/11/2021).
 
Mayjen TNI Maruli Simanjutak, M.Sc., terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI), setelah mendapat dukungan dari 21 Pengurus Provinsi (Pengprov) judo yang hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar secara virtual pada tanggal 29 Agustus 2021 lalu.
 
Dalam sambutannya, Ketum KONI menyampaikan bahwa Judo merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat penting dan bergengsi, karena selama ini cabang olahraga Judo selalu mampu memberikan hasil yang terbaik untuk mengharumkan nama Indonesia dikancah ASEAN (Sea Game).
 
“Salah satu prioritas utama Ketua Umum PB PJSI yang dipimpin Mayjen TNI Maruli Simanjuntak kedepan harapannya Judo Indonesia akan semakin berprestasi dan berjaya tak hanya di SEA Games saja, namun juga ditingkat Olimpiade,” harap Marciano.
 
Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si., secara virtual dalam sambutan mengucapkan selamat kepada Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang telah terpilih secara aklamasi dan dilantik serta dikukuhkan sebagai Ketua umum PB PJS masa bakti 2021-2026.
 
“Menjadi harapan besar kita bersama, adanya peningkatan prestasi dari atlet olahraga Judo Indonesia, sehingga dapat masuk dan bisa tampil di ajang Olimpiade 2024 mendatang,” ujar Menpora RI.
 
Lebih lanjut Menpora RI menyampaikan, untuk Ketua Umum PB PJSI yang baru agar dapat bekerja maksimal dan membenahi tata kelola organisasi menuju yang lebih baik lagi. Pihaknya berharap olahraga Judo bisa masuk dalam cabang olahraga (Cabor) unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), sesuai dengan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON.
 
“Sebagaimana sebuah desain olahraga, tentunya ada target yang harus dicapai yakni Olimpiade dan Paralimpiade. Selamat bekerja dan semoga sukses. Kemenpora selalu terbuka untuk kita sama-sama berdiskusi guna membahas peningkatannya,” tutup Zainudin Amali.
 
Sementara itu, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang kesehariannya juga menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana menyampaikan terkait SEA Games yang akan datang di Vietnam, berharap Indonesia bisa kembali menjadi juara umum di ajang pagelaran dua tahunan sekali tersebut. Indonesia pernah meraih predikat terbaik ketika ikut SEA Games 2017 di Malaysia.
 
Jenderal Bintang Dua ini juga optimis atlet olahraga Judo Indonesia bisa menciptakan prestasi pada level dunia, kalaupun target yang telah dicapai jangan berkurang. Khusus pengembangan atlet, dirinya juga bertekad bisa kembali membawa atlet Indonesia lolos Kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris.
 
Sebagai Ketum PB PJSI, pihaknya bersama jajaran pengurus telah menyusun sejumlah rencana untuk mencapai sasaran misi tersebut. PB PJSI selalu siap berkoordinasi dengan seluruh stakeholder olahraga, baik Kemenpora RI, KONI dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).
 
“Terima kasih Bapak Menpora, semoga olahraga Judo yang kami pimpin bisa menjadi salah satu Cabor yang berprestasi dan membanggakan serta terdukung oleh DBON,” tutup Mayjen Maruli.(tim).