Bupati minta Kades Lantapan Kembangkan Potensi Pertanian dan Pariwisata


_IMG_000000_000000

DETEKSIPOST.COM – Setelah mengambil sumpah dan melantik 3 Kepala Desa di Kecamatan Baolan, siang harinya Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH juga mengambil sumpah dan melantik 2 Kepala Desa di Kecamatan Galang yang dilaksanakan di Kantor Camat Galang di Lalos. Selasa. (25/9).
 
Sementara, dua orang Kepala Desa yang dilantik masing-masing Ir. Ali Baba (Kades Lantapan) dan Zuhri Hi. Budding, SH (Kades Sabang) yang keduanya merupakan hasil pemilihan Kepala Desa beberapa waktu yang lalu.
 
Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH mengatakan bahwa hakekat demokrasi di tingkat Desa terlihat dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa di mana semua komponen masyarakat terlibat di dalamnya sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing. Keterlibatan tersebut kata Bupati, mencerminkan adanya kesadaran warga masyarakat di desa dalam menentukan pemimpin mereka.
 
Sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan, kepala desa merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggung jawab setiap kebijakan yang akan diambil dan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa. Oleh karenanya,
 
Sehingga kepala desa dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat. Karena itu pula jelas Bupati, peran Kades berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan otonomi daerah.
 
Tugas yang cukup berat diemban oleh Kades mestinya dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan otonomi desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Bupati berpesan, lupakan perbedaan yang mungkin muncul selama proses pemilihan kepala desa beberapa waktu lalu untuk menata masa depan yang lebih gemilang.
Bupati Tolitoli juga mengutarakan pesannya agar Kepala Desa terpilih mampu merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu.
 
“Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga menjadi tanggung jawab saudara”, tegas Bupati.
Terkait dengan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), pesan Bupati hendaknya dibicarakan dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar tercipta harmonisasi dalam hubungan pemerintahan untuk kesejahteraan masyarakat.
 
Kepada Ir Ali Baba (Kades Lantapan), Bupati berharap agar potensi pertanian yang ada di Desa Lantapan dapat kelola secara maksimal untuk menunjang pendapatan desa agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, sementara kepada Zuhri Hi. Budding, SH (Kades Sabang) diharapkan dapat memaksimalkan pengelolaan potensi daya tarik wisata Desa Sabang agar mendatangkan devisa guna menunjang perekonomian Daerah.
 
Pelantikan Kepala Desa di Kecamatan Galang ini, dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mohammad Dikron, SH.,M.Si serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat Galang Aspat Bambani, S.Sos serta Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, sejumlah Kepala Desa, Pengurus BPD, Tim Penggerak PKK, Ketua DPK KNPI, dan tokoh-tokoh masyarakat di Kecamatan Galang. (Reporter, TJUT RINA SUSANTY, SE, Tim Liputan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli)