Kapolres Badung Upacara Yadnya Tawur Agung Kasanga


DETEKSIPOST.COM – BADUNG – BALI, Polda Bali – Polres Badung “Tilem Sasih Kesanga memiliki makna yang sarat dengan kehidupan manusia. Pada Sasih Kesanga ini umat hindu melaksanakan perubahan dari keadaan yang menyakitkan ( Bhuta bucari), waktu yang menyakitkan ( Kala bucari), dan situasi yang menyakitkan ( Durga bucari) menjadi keadaan, waktu dan situasi yang menyenangkan ( Bhuta hita, Kala hita dan Durga hita) Rabu, (06/03)
 
Bertempat di Catus Pata Desa Pekraman Kabupaten Badung, Bencingah Puri Ageng Mengwi / Simpang Pura Taman Ayun Mengwi, Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung melaksanakan Bhuta Yadnya Tawur Agung yang dihadiri oleh Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta, SIK didampingi Kapolsek Mengwi.
 
Upacara yang bertujuan mengharmoniskan dari semua rantai kehidupan ini, juga dihadiri oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, S.Sos, Ketua DPRD Kab. Badung dan sejumlah pejabat penting di pemerintahan Kabupaten Badung.
 
Kehadiran mereka semua tentu saja dapat memberikan warna kehidupan yang pasti kepada masyarakat, bahwa Pemiliu 2019 tercipta dengan aman, damai dan sejuk.
 
“Idealnya suatu hasil, bukan saja diperoleh dari kehidupan nyata, namun hal diluar janggauan pikiran sangat menentukan” ujar Mantan Kapolres Muna Sulawesi Tenggara.
 
Kapolres berpesan kepada para penjuru adat dan masyarakat untuk tidak menggunakan minuman keras dalam mengarak ogoh – ogoh nanti. “Mari kita rayakan dengan damai budaya adi luwung ini dengan tidak miras dan tidak narkoba” ajak AKBP Yudith.(TIM).