Ditengah Merebaknya Wabah Covid-19, TNI Tetap Semangat Tuntaskan TMMD ke-107.


_IMG_000000_000000

Deteksipost.com – Denpasar – Ditengah merebaknya Covid-19 di Indonesia, himbauan dan intruksi dari Pemerintah Republik Indonesia serta Pemerintah Provinsi Bali untuk melakukan kegiatan diluar rumah agar dikurangi untuk pencegahan Covid-19, namun kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-107 di wilayah Kodam IX/Udayana yang bergulir sejak Senin (16/3/2020) tetap dilaksanakan.
 
Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., dalam rilis tertulisnya pada Senin (23/3/2020) di Denpasar, menjelaskan bahwa kegiatan TMMD ke-107 Kodam IX/Udayana yang dilaksanakan di Kodim 1609/Buleleng, Kodim 1606/Lobar, Kodim 1621/TTS dan Kodim 1618/TTU kini memasuki hari ke delapan walaupun belum menunjukkan hasil yang maksimal tetapi tetap terlaksana dengan baik sesuai rencana yang telah diprogramkan dan diawasi langsung oleh para Dansatgas TMMD.
 
IMG_20200323_144048608
 
“Program TMMD yang diselenggarakan di wilayah Kodam IX/Udayana tahun ini merupakan program yang diselenggarakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Lembaga Non Kementerian dan Mitra TNI serta komponen masyarakat lainnya sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat dan daerah dalam rangka percepatan pembangunan wilayah”, kata Kapendam.
 
Kegiatan TMMD ini merupakan gerakan bersama yang melibatkan unsur TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat secara umum, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.
 
Sementara, walaupun saat ini ada himbauan dari pemerintah RI dan pemerintah Provinsi Bali untuk mengurangi aktifitas di luar rumah guna mencegah penyebaran Covid-19, tidak menyurutkan semangat anggota TNI dan unsur terkait lainnya untuk mensukseskan kegiatan TMMD ke-107 Kodam IX/Udayana tahun 2020 ini.
 
Dijelaskannya, “Melalui TMMD yang dilaksanakan TNI Angkatan Darat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat serta dibantu unsur terkait lainnya merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI dengan metoda dalam pembinaan teritorial yang berpihak kepada kepentingan rakyat, Pemerintah Daerah maupun kepentingan TNI”.
 
Selama pelaksanaan kegiatan TMMD ke-107 tetap dilaksanakan berbagai prosedur pengamanan terutama penanggulangan, pencegahan dan penyebaran Covid-19 di lokasi kegiatan TMMD ke-107 Kodam IX/Udayana, dengan cara melakukan pengecekan suhu tubuh dan pengecekan kesehatan lainnya yang dipantau dan diawasi oleh tim kesehatan.
 
“Mereka semua tetap dipantau oleh tim kesehatan dengan cara dilakukan pengecekan suhu tubuh serta menjalankan ketentuan yang berlaku dengan tetap mengedepankan prosedur keselamatan untuk mencegah penyebaran COVID-19”, tutup Kapendam. (Pendam IX/Udy)