Korem 163/Wirasatya Gelar Pendayagunaan Koramil Model, Tingkatkan Kemampuan Apter.


IMG_20200610_170505624

Deteksipost.com – Tabanan-Bali – Tuntutan tugas satuan komando kewilayahan saat ini semakin kompleks dalam melaksanakan pembinaan teritorial atau Binter di wilayah dalam rangka mewujudkan Ruang,
 
Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara apalagi situasi nasional dihadapkan merebaknya dengan penyebaran COVID-19 yang membutuhkan penanganan serius dan partisipasi dari semua pihak untuk bersama-sama dapat memutus mata rantai penyebarannya dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan.
 
Demikian diantaranya amanat Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf S.H., yang dibacakan Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto saat acara Pembukaan Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model Tahun Anggaran 2020 di Makoramil 1619-04/Kediri, Selasa (09/06/2020).
 
Selain itu Danrem juga menyampaikan bahwa Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial untuk melaksanakan Binter harus memiliki pengetahuan dan kemampuan Binter yang handal maka untuk menjalankan semua tugas dibutuhkan kesiapan aparat komando kewilayahan yang memiliki pengetahuan Binter yang bersifat aplikatif dalam menyikapi dinamika persoalan masyarakat di wilayahnya.
 
Lebih lanjut Danrem menegaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan pendayagunaan Koramil Model bertujuan untuk mewujudkan kemampuan Babinsa melaksanakan fungsinya dalam rangka meningkatkan kemampuan sebagai aparat teritorial untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai wilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.
 
Sementara sasaran kegiatan pendayagunaan Koramil Model yaitu untuk terwujud dan tercapainya pemahaman dan kemampuan tingkat Koramil dalam mengaplikasikan pengetahuan teritorial di wilayah.
 
Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto setelah acara pembukaan menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti Pendayagunaan Koramil Model berasal dari masing-masing Kodim Jajaran Korem 163/Wira Satya. Pembekalan materi inti yang diberikan meliputi Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial Metode dan Ketatalaksanaan Binter, Pengetahuan Media Sosial dan Hoaks.
 
Di samping materi pendukung dari instansi terkait seperti Polsek, Camat dan Kepala Desa dilanjutkan dengan Praktek Pengumpulan Data Teritorial terkait geografi, demografi, kondisi sosial serta peninjauan pembuatan geraba di Desa Pejaten Kediri.
 
Kegiatan yang mengambil tema “Pendayagunaan Koramil Model Tingkatkan Profesionalisme”, juga mendapatkan peninjauan langsung oleh Waaster Kasdam IX/Udayana Letkol Czi Arief Hardianto yang didampingi Pabandyapuanter Kodam IX/Udayana Letkol Kav I Nyoman Salindra.(TIM).