Persiapan Donor Plasma Konvalesen, Kodim Jembrana Screning Bagi Calon Pendonor


IMG_20210209_062421146

Deteksipost.com – Jembrana-Bali.- Sebanyak 40 orang peserta calon pendonor menjalani screning atau pemeriksaan awal donor plasma konvalesen yang diselenggarakan oleh Kodim 1617/Jembrana, bekerja sama dengan Tim Palang Merah Indonesia Provinsi Bali yang dipimpin oleh dr. Ernes dengan 7 orang anggota tim dari UTD PMI Provinsi Bali.
 
Kegiatan berlangsung di Kantor Makodim 1617/Jembrana Jalan Ngurah Rai No 135 Negara, Senin (08/02/2021).
 
Screning bagi calon pendonor tersebut dihadiri oleh Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.sos., didampingi Kasdim 1617/Jembrana Mayor Inf I Gusti Made Seputra, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 1617 Jembrana.
 
Beberapa tahapan screning dilakukan bagi calon peserta donor plasma konvalesen diantaranya pengisian formulir atau ceklist calon pendonor, konsultasi dengan Tim dokter UTD PMI Bali. Selanjutnya tim dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan calon peserta dan pengambilan sampel darah untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium.
 
Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S. sos., menjelaskan screning bagi calon peserta donor plasma konvalesen dilakukan guna memastikan apakah calon peserta memenuhi syarat untuk menjadi pendonor atau tidak.
 
“Hari ini kita lakukan screning terhadap 40 orang calon peserta donor plasma konvalesen, tentunya kita berharap semua calon peserta memenuhi syarat untuk diambil plasma darahnya”, harap Dandim Haruna.
 
Dandim Haruna menuturkan kegiatan donor plasma konvalesen itu sendiri akan dilaksanakan oleh Kodim Jembrana pada hari Selasa (09/02/2021) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 60 Korem 163/Wira Tahun 2021. Hal tersebut sebagai wujud kepedulian TNI demi kemanusiaan di tengah Pandemi COVID-19 saat ini.
 
“Saat ini kita sangat membutuhkan adanya pendonor yang mau mendonorkan plasma darahnya untuk membantu penyembuhan saudara-saudara kita yang saat ini positif COVID -19”, jelas Dandim
 
Letkol Haruna juga menjelaskan sebanyak 40 orang yang mengikuti srening tersebut terdiri Personel TNI, Personel dari Polres Jembrana, Personel Satpol PP Jembrana, Personel Pemadam Kebakaran dan masyarakat umum.
 
“Sampel darah dari calon peserta donor akan dibawa ke laboratorium PMI Bali untuk diadakan penelitian dan hasilnya akan disampaikan lebih”, pungkasnya.(TIM).