Yayasan Kesatria Keris Bali Wilayah Tabanan Peduli Satwa.


IMG_20210321_165101918

YKKB TABANAN – DETEKSIPOST.COM – Kondisi pariwisata khususnya di Bali yang seakan mati suri sejak awal tahun 2020 akibat Pandemi Covid-19, bukan hanya berimbas berbagai sektor yang berhubungan dengan manusia, juga berimbas pada satwa monyet di objek wisata Alas Kedaton, Desa Kukuh, Kec. Marga, Kab. Tabanan, Prov. Bali. Minggu, (21/03/21).
 
Kedatangan rombongan dari Yayasan Kesatria Keris Bali (YKKB) Wilayah Tabanan hari ini Sabtu, 20 Maret 2021 tepat pukul 10.00 WITA seperti yang sudah direncanakan, dipimpin langsung oleh Ketua Wilayah (Gus Christ) yang didampingi Pengurus Wilayah, Kanit Marga, Kanit Kediri & Tabanan, Kanit Baturiti, Kanit Penebel, Kanit Kerambitan, Kanit Selemadeg Raya & Pupuan beserta nyame anggota KERIS se-Tabanan.
 
Selain itu, sebanyak 49 orang, disambut langsung oleh Perbekel Desa Kukuh, Wakil Bendesa Adat Kukuh dan Pengelola Objek Wisata Alas Kedaton, dengan tetap menjalankan Prokes di masa Pandemi. “Kami dari Yayasan Kesatria Keris Bali Wilayah Tabanan, merasa terpanggil dan tergerak hati untuk juga Peduli pada satwa Wanara/ monyet yang ada disini, akan kebutuhan makanan bagi satwa tersebut” demikian disampaikan oleh Gus Christ.
 
Yayasan Kesatria Keris Bali, sebagai Yayasan nir-laba yang sesuai Visi, Misi dan Tujuannya fokus berkegiatan pada Sosial dan Kemanusiaan, bertujuan menyumbangkan makanan berupa aneka buah-buahan, sumbangan dari masingmasing anggota nyame KERIS. Makanan atau buah apapun yang mereka nyame miliki mereka bawa untuk disumbangkan, walaupun sedikit.
 
“Dengan gerakan bersama, akhirnya terkumpul buah-buahan yang cukup, semoga berguna untuk meringankan pihak pengelola. “Tujuannya adalah Ngayah dengan hati yang tulus ikhlas, Lascarya, untuk setidaknya meringankan apa yang juga dialami oleh satwa Wanara, agar tetap terjaga keseimbangan alam sesuai konsep Tri Hita Karana,”Ungkap.Gus Christ.
 
“Menurut Gus Christ, kebutuhan makanan dan kesehatan satwa monyet di Alas Kedaton yang selama ini pengelolaannya bersumber dari pendapatan kunjungan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun manca negara, kini ribuan satwa monyet mulai terancam kelaparan, dan Kami sangat mengapresiasi pihak Yayasan Kesatria Keris Bali yang berada di Wilayah Tabanan, sudah peduli kepada satwa disini, semoga apa yang sudah.” pungkasnya.
 
Dikatakan Gus Christ. Kegiatan ini dilakukan oleh pihak YKKB juga dapat diikuti nantinya oleh seluruh elemen masyarakat Tabanan” demikian disampaikan Perbekel Desa Kukuh.” jelasnya.
 
Sebelum pelaksanaan Aksi sosial “Peduli Satwa” ini, Perbekel Desa Kukuh, Wakil Bendesa Adat Kukuh dan Pengelola Objek Wisata Alas Kedaton mengajak rombongan dari YKKB Wilayah Tabanan untuk melakukan persembahyangan bersama di Pura Kahyangan Alas Kedaton yang juga menjadi Cagar Budaya tersebut, dengan memohon ijin dari Sang Penguasa Alam, agar kegiatan yang dilaksanakan nanti berjalan dengan baik dan lancar. Persembahyangan pun dipimpin langsung oleh Jro Mangku Gede Pura setempat.
 
Setelah persembahyangan, dilakukan serah terima sumbangan buah-buahan secara simbolis oleh Ketua Wilayah YKKB Tabanan kepada Bendesa Adat Kukuh. Atas Ijin Alam, kegiatan berjalan dengan lancar dalam cuaca yang cerah. Aksi dilanjutkan, dengan pembagian langsung sebagian buah-buahan oleh peserta yang disambut dengan riang gembira oleh para satwa Wanara/ Monyet, yang seakan telah menunggu dengan tidak sabar kegiatan pada siang hari tersebut. (IGWP)
 
#YayasanKesatriaKerisBali #KesatriaKeris #KesatriaKerisBaliTabanan #MenyameTanpaBatas #MenyameTanpaldentitas #MenyameSampaiTuntas #Ngayah.(tim).