I Gede Arsa Kusuma Wijaya 14 Pelajar SMP 1 Kuta Tenggelam Di Air Terjun


BALI, GIANYAR, DETEKSIPOST.COM – Seorang pelajar dikabarkan tenggelam di air terjun Tegenungan,Kemenuhan, Kabupaten Gianya, Rabu (15/3) pukul 08.30 Wita. Basarnas Kantor SAR Denpasar menerima informasi tersebut sekitar pukul 10.50 Wita dari Agung Oka Digjaya melalui telepon genggam. Setelah melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan mempersiapkan peralatan SAR air termasuk alat selam, sebanyak 11 rescuer diberangkatkan menuju lokasi.”pungkasnya.
 
Lebih lanjut lagi dari hasil koordinasi diketahui identitas korban atas nama I Gede Arsa Kusuma Wijaya (14). Pelajar kelas delapan SMP 1 Kuta tersebut rupanya berlibur bersama dengan teman-teman 1 sekolahnya dengan mengendarai motor. “Mereka tiba di air terjun Tegenungan pada pukul 08.30 Wita.”jelas Agung Oka Digjaya.
 
Menurut keterangan tiga orang saksi mata, yakni Agus Wahyu, Wayan Gangga, dan NI Made Ayunadine, bercerita tentang kronologis kejadian nahas itu. Bermula saat korban sedang menyebrangi bebatuan dengan air setinggi pinggang, tiba-tiba ia terpeleset dan arus air terjun menarik tubuh korban. Teja, sapaan akrab korban, tenggelam dan menghilang dari pandangan mata. Ia sempat melihat korban melambai-lambaikan tangannya meminta pertolongan, bahkan tangannya sempat berpegangan namun terlepas. Sementara itu teman lainnya berusaha meminta bantuan namun terlambat, Teja tenggelam.
 
Saat itu kondisi air terjun memang sangat deras dan keruh, berbahaya jika berenang terlalu dekat. Penuturan dari teman korban mengungkapkan bahwa saat itu Teja menggunakan celana hitam strip putih dan tak menggunakan baju. Remaja berbadan tegap gempal tersebut bertempat tinggal di Jimbaran, Kuta.
Tepat pukul 12.00 Wita tim rescue Kantor SAR Denpasar tiba di lokasi dan langsung berkoordinasi dengan potensi SAR lainnya yang sudah terlebih dahulu ada di lokasi.
 
Selain itu situasi di tempat kejadian air keruh dan tarikan arusnya cukup kencang, tidak memungkinkan untuk dilakukan pencarian dengan cara snorkeling maupun penyelaman. Akhirnya dengan menggunakan life jacket dan terikat pada tali,
 
Sebanyak 15 personil turun ke air. Korban sempat muncul dan terlihat sebagian tangannya namun kembali tertarik arus dan menghilang. Hingga 5 kali muncul dan menghilang akhirnya tim SAR gabungan berhasil menarik tubuh korban. Tubuhnya ditemukan pada radius sekitar 4 meter sebelah timur dari posisi awal korban tenggelam.
 
Proses pencarian korban berlangsung hampir 1 jam lamanya. Unsur SAR lainnya yang bergerak untuk mencari dan menolong korban diantaranya BPBD Gianyar, PMI Gianyar, Sabhara Polda Bali, Balawista Gianyar, dan masyarakat. Jasad korban selanjutnya dievakuasi dibawa menuju RS. Sanjiwani Gianyar dengan menggunakan ambulance milik PMI.(Hums,Polres Team Media DeteksiPost.com).






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *