Kolaborasi Pengamanan Mulang pakelem di Perairan Petitenget.


BALI – DETEKSIPOST.COM – Polda Bali-Polres Badung-Satpolair Hari Kemis, 29/9-22.pkl 11.15 wita.Kasatpolair Polres Badung Akp I Ketut Wena, telah memimpin kegiatan Upacara Dewa Yadnya Mulang Pakelem ke tengah laut di perairan petitenget dari Desa Adat Padang Sambian dlm rangka Karya Ngenteg Linggih di Pura Dalem Khayangan Desa Adat Padang Sambian dipimpin oleh ketua Panitia Jro Mangku Nyoman Sujantara.
 
Sebanyak 29 orang Personil berkolaborasi dalam pengamanan yaitu Satpolair Ditpolair Polda Bali sebanyak 12 orang, dipimpin oleh Ipda Ketut Gsmbar dan Satpolairud Polres Badung sebanyak 7 orang dipimpin langsung Kasatpolair dan Rekans Balawista sebanyak 10 orang.dipimpin oleh Gde Alit.
 
Serangkaian giat Upacara Mulang Pakelem telah berlangsung dan dapat berjalan lancar di nahkodai oleh Rekans Balawista Badung dengan Serana Transportasi Satu buah Jukung, Tiga Buah Ruber boat dan satu buah Jet Ski.
 
Upacara Dewa Yadnya Mulang Pakelem ke tengah laut dilakukan oleh beberapa Jro Mangku dan Pra-Juru Adat.Kegiatan Upacara tersebut dengan Lantunan Tetabuhan Gong Bleganjur dan diiringi oleh warga Desa Adat Padang Sambian kurang lebih berjumlah 700 orang sebagai pengiring menunggu di pesisir.
 
Menjelang Mulang Pakelem pada saat Iringan Serana Upakara dan pengiring masuk perairan dan ke tengah laut dimana situasi gelombang air laut tiba tiba membesar dan para Nahkoda Jukung dan Rubber Boat yang dipandu oleh Rekans Balawista bisa mengatasinya terangnya.
 
Pra-Juru dan Jro Mangku peserta Mulang Pakelem telah kembali ke darat dan dilanjutkan dengan menghaturkan Upakara / Sesajen memohon Nunas Tirta dan membawa Tirta Sanjiwani tersebut ke Pura Dalem Khayangan Desa Adat Padang Sambian sebagai Sarana Pemucuk dalam pelaksanaan Upacara Puncak Karya yaitu pada hari Sabtu Kajeng Keliwon Wuku Wayang ( Tumpek Wayang).
 
Selama kegiatan serangkaian Mulang Pakelem di perairan petitenget berakhir pd pkl 13.30 wita.dan dapat berjalan dengan situasi aman lancar. (Tim).

Dum.